Acara Kaderisasi Tingkat Dasar GMNI Sintang, Dibuka Bupati Sintang
28 Sep 2018
Acara Kaderisasi Tingkat Dasar GMNI Sintang, Dibuka Bupati Sintang

Sintang-Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med,.PH membuka acara kaderisasi tingkat dasar Dewan Pimpinan Cabang Gerakan Mahasiswa Nasional Indonesia (GMNI) Sintang di Aula Bangsal Sebeji Menyurai Sintang, Jumat (28/09/2018).

“sejak awal saya ingin sekali bertemu dengan para anggota GMNI, karna meski di Sintang belum begitu besar, namun karna GMNI sangat lekat dengan nasionalisme, memperjuangkan perlawanan melawan kemiskinan,” kata dr. Jarot membuka sambutannya pagi itu.

Beliau juga membahas bahwa GMNI merupakan gerakan yang digagas oleh bapak pendiri Bangsa, Ir. Soekarno. Kekhasan penanaman semangat marhaenisme di kalangan generasi muda hanya dimiliki oleh GMNI.

“meski kita ini sekolah di kota, orang tua kita sanak kerabat itu masih petani di kampung sana,” kata dr. Jarot. “perjuangan kita melawan kemiskinan dan marginalisasi dimulai dari keluarga kita masing-masing di kampung dulu,”tambahnya.

Orang nomor satu di Sintang itu juga mengingatkan bahwa di tahun politik, kaum muda khususnya mahasiswa haruslah tetap berfokus pada hal-hal yang membangun dan mempersatukan masyarakat.

“di tahun politik ini, meski kita beda pilihan, beda agama, tapi tetaplah harus satu ideologi, Pancasila,” kata dr. Jarot tegas.  “ingat, tugas kita harus melindungi segenap tumpah darah Indonesia, dengan mengisi masa kini lewat hal-hal yang positif,” pungkasnya.

Kegiatan KTD kali ini mengusung tema, ‘membangun karakter kader dengan pemahaman marhenisme’. Kegiatan ini berlangsung hingga tanggal 30 September 2018.

Kristina Rita selaku ketua DPC GMNI Sintang menyampaikan bahwa GMNI Sintang sudah ada sejak tahun 2010. Belum begitu besar jumlah keanggotaannya karna menurutnya, agak kurang peminat.

“mungkin kita sebagai pengurus masih kurang dalma memperkenalkan GMNI kepada para mahasiswa yang ada di Sintang ini,” ujar Rita. “kita harapkan ke depannya, kita bisa lebih eksis dan bisa mengajak semakin banyak anak muda di Sintang untuk berjuang bagi kaum mahaen,” tambahnya.

Tampak hadir di sana, anggota KPU Sintang, Edi Susanto yang juga merupakan salah satu pemateri dalam acara kaderisasi ini.

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto