Asisten Dua Resmikan Kantor Baru KPP Pratama Sintang Yang Baru
13 Dec 2018
Asisten Dua Resmikan Kantor Baru KPP Pratama Sintang Yang Baru

Sintang-Henri Harahap Asisten Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang mewakili Bupati Sintang meresmikan Kantor Pelayanan Pajak Pratama Sintang yang baru di Jalan PKP Mujahidin pada Kamis, 13 Desember 2018.

Henri Harahap menjelaskan bahwa pajak merupakan salah satu kewajiban kita, masyarakat kepada negara, melalui pajak kita ikut serta secara aktif mendanai pembangunan di negara kita ini. “acara peresmian ini memiliki makna yang cukup strategis sebagai bentuk usaha pembenahan dan penyempurnaan penyelenggaraan layanan perpajakan kepada masyarakat sintang. agar kita bisa mewujudkan masyarakat sintang yang sehat, cerdas, maju, religius dan sejahtera. keberadaan kpp pratama sintang hendaknya agar dapat dipergunakan dan diperuntukkan secara maksimal untuk memenuhi hajat hidup masyarakat Kabupaten Sintang” terang H. Henri Harahap.

“pada tahun 2018, pemerintah daerah bersama dengan segenap unsur terkait di kabupaten sintang ini memiliki tugas berat untuk mengatasi segala keter-tinggalan sekaligus meningkatkan daya saing daerah. ketertinggalan daerah yang paling mendasar terlihat pada penyediaan infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, air bersih, listrik serta melaksanakan pelayanan publik menuju kesejahteraan dan daya saing daerah yang lebih baik. yang mana pengerjaan itu semua salah satu sumber dananya berasal dari masyarakat melalui pajak” tambah H. Henri Harahap.

“saya mengharapkan agar fasilitas yang ada dimanfaatkan sebaik-baiknya. seperti kita lihat hari ini, KPP Pratama Sintang telah memiliki kantor baru, saya harap ini akan membawa suasana baru, semangat baru dan akan menghasilkan capaian-capaian baru yang lebih baik, secara khusus pada peningkatan layanan pajak bagi masyarakat sintang ini. Saya juga meminta kita semua untuk terus memperkuat kekompakan dan menerapkan bekerja secara team work. jalin komunikasi dan koordinasi lintas sektor. mari kita juga bersama-sama menjauhkan diri dari praktek kkn dan pungutan liar. mari kita bertekad mewujudkan penyelenggaraan pemba-ngunan yang bersih dari kkn dan pungli. kepada para masyarakat saya juga menghimbau untuk ikut serta menjaga sarana publik yang telah baik ini demi kelancaran tugas dan layanan bagi kita semua” pinta H. Henri Harahap.

Subandono Rachmadi Kepala KPP Pratama Sintang menyampaikan bahwa kantor kami sebelumnya ada di jalan Apang Semangai Sintang harus pindah ke jalan PKP Mujahidin Sintang. “KPP Pratama Sintang merupakan instansi vertikal yang meliputi tiga wilayah kerja yakni Sintang, Kapuas Hulu dan Melawi. Kami mengawasi, memberikan penyuluhan dan penegakan pajak. Kebutuhan pelayanan setiap tahun selalu meningkat sehingga kebutuhan sarana dan prasarana dirasa sangat perlu untuk melayani para wajib pajak dalam memenuhi kewajibannya. Sampai saat ini di KPP Pratama Sintang ada 90.216 wajib pajak. Dan diantara jumlah itu ada 70.000 Wajib Pajak yang aktif membayar dan melaporkan pajaknya.  Setiap tahun ada pertambahan jumlah Wajib Pajak yakni 9.000 Wajib Pajak yang yang mendaftar. Gedung baru ini untuk meningkatkan kualitas pelayanan dan kinerja pegawai pajak di sini. Gedung lama dengan ukuran 500 meter persegi untuk menampung 65 pegawai kami. Sedangkan gedung baru ini memiliki luas 2000 meter persegi sehingga kami yakin mampu melayani Wajib Pajak dengan baik. Wajib Pajak kami himbau semakin taat akan kewajiban pajaknya. Pelayanan dan penyuluhan akan semakin efektif dan efisien dalam bekerja serta mampu meningkatkan penerimaan Negara” terang Subandono Rachmadi

Slamet Sutantyo Kepala Kepala Kantor Wilayah Direktur Jenderal Pajak Provinsi  Kalimantan Barat menjelaskan bahwa KPP Sintang yang terbaik diantara lima KPP yang ada di Kalimantan Barat. “Wajib Pajak merupakan patriot bangsa saat ini. DJP merupakan bagian dari Kemenkeu yang bertugas menghimpun pajak . Pajak merupakan sumber utama APBN. Pada tahun 2018 ini, Kanwil DJP Kalbar dipasang target oleh Dirjen Pajak mengumpulkan pajak sebesar 7, 294 Triliun atau meningkat 25 persen dari tahun 2017. Dan sampai hari ini baru tercapai 5,8 Triliun atau sudah 80% yang dikelola 7 KPP yang ada di Kalbar. Untuk KPP Pratama Sintang dengan target 848 milyar atau 11, 63 persen dari total target penerimaan DJP Kalbar.

Tiga tahun terakhir KPP Pratama Sintang terjadi tren peningkatan pendapatan. 2017 kemarin, KPP Pratama Sintang melebih target yakni mencapai 100,5 persen. Saya mengapresiasi pencapaian KPP Pratama Sintang selama ini. Kita terus memperbaiki sarana dan prasarana. Gedung lama memang sudah tidak layak karena area parkir yang tidak ada dan terjadinya banjir. Kami berharap gedung baru ini mampu meningkatkan pelayanan kepada wajib pajak dan kenyamanan dalam bekerja” terang Slamet Sutantyo.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

no-image
bannersidebar

Video

bannersidebar

Regulasi

Gallery Foto