Asisten Pemerintahan Dan Kepala Bappeda Wakili Bupati Hadiri Rakor Litbang Se-Kalbar
25 Jul 2019
Asisten Pemerintahan Dan Kepala Bappeda Wakili Bupati Hadiri Rakor Litbang Se-Kalbar

Sintang-Asisten Sekretariat Daerah Bidang Pemerintahan, Abdul Syufriadi, SH,.M.Si dan  Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah Kabupaten Sintang, Kartiyus mewakili Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno menghadiri rapat koordinasi Kelitbangan se-Kalimantan Barat tahun 2019 di meeting room Hotel My Home Sintang, (Kamis,25/07/2019).

Kartiyus menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan agar pemerintah kabupaten/kota di Kalimantan Barat dapat membentuk kelembagaan Litbang di daerahnya masing-masing. Selain itu melalui acara ini diharapkan eksistensi lembaga Litbang dalam perannya pada pembangunan di daerah.

“Kita juga mengharapkan agar lembaga Litbang dapat mengkoordinasikan dan memfasilitasi kegiatan penelitian dan pengembangan di daerah,” kata Kartiyus. “Pelaksanaan Kelitbangan ini kita lakukan dalam rangka sinergi, efisiensi dan efektivitas kegiatan penelitian,” tambahnya.

“Penelitian dan pengembangan dapat digunakan untuk mendukung kebijakan-kebijakan strategis dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah,” tutupnya.

Kegiatan ini mengusung tema, ‘percepatan pembentukan perangkat daerah penelitian dan pengembangan di kabupaten/kota se-Kalimantan Barat’. Hadir sebagai peserta dalam acara ini, para tenaga fungsional Kelitbangan dari seluruh kabupaten/kota yang ada di Kalimantan Barat. Target peserta berjumlah 100 orang.

Dodi Riyadmadji, selaku kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kemendagri menyampaikan materi dengan judul Optimalisasi kegiatan kelitbangan berdasarkan Permendagri nomor 17 tahun 2016.

“Di dunia penelitian dan pengembangan, khususnya dalam bidang pemerintahan daerah, kita masih ada di rating yang rendah,” kata Dodi. “Kita bisa melihat bahwa Indonesia masih kurang dibandingkan dengan tetangga ASEAN dalam hal indeks inovasi,” tambahnya.

“Dengan melihat demikian maka hal-hal yang  terkait dengan faktor-faktor penentu keunggulan suatu negara, kita kaya akan sumber daya alam tapi kita masih belum mampu mengolah dengan baik soal inovasi dan kreativitas,” papar Dodi. “Disinilah peran Litbang menjadi sangat penting,” tegasnya.

Dodi menceritakan pengalamannya dalam menata Badan Litbang se-Indonesia. Hal-hal tersebut juga mencakup pengalaman beliau di luar dan di dalam negeri.

“Posisi dan peran strategis lembaga Litbang yang harus disiapkan ialah sebagai ‘think tank’ untuk menyikapi dinamika dan permasalahan yang berkembang di daerah,” terang Dodi lagi. “Lembaga Litbang merupakan lembaga profesional yang bersifat akademisi dalam orang Pemda, selain itu sebagai perangkat daerah yang fleksibel yang lintas sektoral,” lanjutnya.

Tampak hadir sejumlah pimpinan OPD dan instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Sintang.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto