Bupati Dan Sekda Sintang Tinjau Lomba Memasak Di Gedung Pancasila
16 Aug 2019
Bupati Dan Sekda Sintang Tinjau Lomba Memasak Di Gedung Pancasila

Sintang-Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH bersama Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si meninjau kegiatan Lomba Masak Makanan Berbahan Lokal Jawawut Kabupaten Sintang Tahun 2019 yang diselenggarakan di Gedung Pancasila Sintang, hari ini (15/08/2019).

Kegiatan yang diadakan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang ini dibuka oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Sintang Dra. Yosepha Hasnah, M.Si yang dalam hal ini diwakili Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang H. Henri Harahap.

Adapun kegiatan ini diselenggarakan dalam rangka mewujudkan program diversifikasi pangan masyarakat khususnya Kabupaten Sintang. Kegiatan ini diikuti oleh 15 peserta yang merupakan perwakilan dari 1 peserta dari Dharma Wanita Kabupaten Sintang, 1 peserta dari P4S Pelita Jerora, 1 peserta dari Kelam Permai, 1 peserta dari Ketungau Hulu, 1 peserta dari Sungai Tebelian, 2 peserta dari Binjai Hulu, Penyuluh Perikanan Kab. Sintang, Kecamatan Dedai, Kayan Hulu, Kayan Hilir, Enumerator Kabupaten Sintang, 2 peserta dari Kecamatan Sintang dan GOW.

Pada kesempatan itu, dr. H. Jarot Winarno, M.Med.PH  mengatakan bahwa Jawawut sedang dipromosikan sebagai produk lokal di Kabupaten Sintang. Ia juga kagum akan kreatifitas para peserta yang dapat membuat berbagai macam olahan berbahan dasar jawawut. Jarot juga mengatakan bahwa Ia optimis tanaman Jawawut dapat dikembangkan, namun hal ini harus didukung dengan pelatihan Packaging agar bisa dipasarkan.

Pada kesempatan itu pula, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretariat Daerah Kabupaten Sintang H. Henri Harahap mengatakan bahwa  masyarakat harus melestarikan makanan khas Sintang, misalnya dengan menyajikan makanan yang berbahan dasar Jawawut (Jawak) disetiap kegiatan. Ia juga berharap kelak masyarakat Sintang dapat menanam tanaman Jawawut (Jawak) disetiap perkarangan rumah untuk melestarikan tanaman tersebut.

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Sintang Ir. H. Zulkarnaen , M.Si mengatakan adapun tujuan kegiatan ini adalah mengekspos makanan lokal yang belum dikenal masyarakat luas, eksplorasi tanaman yang diolah menjadi berbagai macam bentuk olahan makanan ringan, pengembangan resep makanan ringan berbasis bahan lokal dan pengembangan tanaman jawawut (jawak).

Dewan juri Adi Sulistyanto mengatakan bahwa Ia melihat kreatifitas yang luar biasa dari para peserta yang melebihi ekspetasi juri dan panitia. Ia juga mengungkapkan kebahagiaannya akan antusias yang luar biasa dari para peserta yang dapat mengembangkan banyak menu dari 1 bahan yang sama yaitu Jawawut. Ia pun berharap lomba ini tetap berjalan dan dapat diadakan di tingkat kecamatan juga.

Tim juri dalam Lomba Masak Makanan Berbahan Lokal Jawawut Kabupaten Sintang Tahun 2019 adalah Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Sintang, Ahli Gizi Dinas Kesehatan Kabupaten Sintang Adi Sulistyanto, S.Si.T, M.Kes dan Ketua Persatuan Hotel dan Restoran Kabupaten Sintang Nur Achmadi.

Adapun kriteria penjurian yang dipergunakan sebagai indokator penilaian yaitu kreatifitas, cita rasa, keindahan dalam penyajian, kebersihan penyajian dan inovasi menu. Khusus untuk penilaian pemenang menu favorit dilakukan melalui poling oleh para tamu yang hadir pada kegiatan tersebut. Para tamu diperkenankan untuk mencicipi menu-menu yang disajikan oleh para peserta di meja yang disediakan dan memberikan penilaian pada menu yang mereka sukai.

Pemenang pada lomba ini akan mendapatkan masing-masing hadiah berupa uang tunai dan trophy. Bagi  juara pertama akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 10 juta, juara kedua sebesar Rp. 7,5 juta, juara ketiga sebesar Rp. 5 juta, juara harapan satu sebesar Rp. 2,5 juta. Sementara itu juara favorit akan mendapatkan hadiah sebesar Rp. 1,5 juta sedangkan juara menu kreasi sebesar Rp. 2 juta.

Adapun pemenang kegiatan Lomba Masak Makanan Berbahan Lokal Jawawut Kabupaten Sintang Tahun 2019 yaitu untuk Juara pertama diraih oleh  P4S Pelita Jerora, Juara kedua sekaligus Juara Favorit diraih oleh Dharma Wanita Kabupaten Sintang, Juara ketiga diraih oleh Kecamatan Kelam Permai, Juara Harapan diraih oleh Penyuluh Perikanan Kabupaten Sintang  dan Juara Menu Kreasi diraih oleh Kecamatan Dedai.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto