Bupati Sintang Dialog dan Panen Padi Bersama Petani Tawang Sari
06 Feb 2019
Dialog Bupati Sintang dan Panen Padi Bersama Petani Tawang Sari

Sintang-Bupati Sintang dr. Jarot Winarno bertemu petani padi dalam acara Temu Wicara dan Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk pada hari Selasa, 5 Februari 2019. Hadir juga mendampingi Bupati Sintang dalam kegiatan tersebut, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili, Kadis Pekeraan Umum Murjani, Kadisperidagkop dan UKM Sudirman, Anggota DPRD Sintang Kusnadi, Danrami dan Camat Sepauk.

Pada sambutannya Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno, M.Med.PH mengatakan, dengan luas wilayah kabupaten Sintang sekitar Sembilan Ratus Ribu hektar yang cukup potensial sebgai lahan perkebunan dan pertanian ini, menggunakan data yang ada di luas lahan pertanian yang baru digunakan di pertanian padi sawah hanya sampai tujuh ribu tujuh ratus hektar, sehingga masih sulit menjadikan Sintang sebagai daerah swasembada beras.

“Meskipun ada beberapa Desa yang sudah bisa melakukan panen 3 kali panen dalam satu tahun, namun kontribusinya masih banyak desa panen padinya hanya 1 sampai 2 kali dalam satu tahun, ini merupakan frekwensi pertanian padi kita yang masih banyak terjadi di desa desa di Kabupaten Sintang, memungkinkan kita bisa swasembada beras ”tegas Bupati Sintang Jarot Winarno.

Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno, M.Med.PH menjelaskan, saat ini, angka, Nasioanal rata-rata adalah 5 hingga 6 ton perhektar, sedangkan berdasarkan data panen padi kita di kabupaten sintang diperingkat rata-rata hanya sekitar 2 hingga 3 ton pertektar ”inilah masalah kita kurang luas sawah yang ditanam, jarang ditanam, termasuk di Kelam dekat rumah kopi saya tanam padinya, hanya satu kali dalam satu tahun ”.

Dengan kegiatan Temu Wicara Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk pada hari Selasa, 05/02/2019, yang berisi dialog langsung dengan masyarakat petani dan kelompok tani ini, Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno, M.Med.PH berharap, dapat memberikan semangat dan memotivasi para petani padi serta mewujudkan kabupaten Sintang sebagai daerah swasembada beras, sehingga meningkatkan menuju peningkatan pendapatan bagi masyarakat.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili menjelaskan, bahwa Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk ini, merupakan salah satu desa sentra produksi beras di kabupaten sintang, yang memiliki lahan pertanian padi sekitar Sembilan puluh hektar dan mampu tanam 2 kali dalam satu tahun ”bahkan ada beberapa kelompok tani yang sudah mencoba 3 kali tanam dalam satu minggu jadi Desa Tawang Sari adalah desa yang sudah mengahasilkan surplus hasil berasnya”.

“Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk saat ini ada lebih dari 6 kelompok tani yang menjadi binaan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang, dan telah memberikan bantuan berupa Pompa udara, Alat tanam padi, Alat tanam padi guna mendukung ekonomi dan hasil pertaniannya” jelas Veronica Ancili

Pada kegiatan Temu Wicara Panen Raya Padi Sawah di Desa Tawang Sari Kecamatan Sepauk pada hari Selasa, 05/02/2019, juga dilaksanakan kegiatan Panen Raya yang dibuka secara langsung Bupati Sintang dr.H. Jarot Winarno, M.Med.PH didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Sintang Veronica Ancili dan beberapa Kepala OPD dan Pejabar Forkopimda Pemerintah Kabupaten Sintang

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto