Dibuka Bupati Sintang, Sunatan Massal Kemenag Sintang Diikuti 220 Anak
21 Dec 2018
Dibuka Bupati Sintang, Sunatan Massal Kemenag Sintang Diikuti 220 Anak

Sintang-Bupati Sintang dr H. Jarot  Winarno membuka pelaksanaan sunatan massal di Halaman Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang pada Rabu, 19 Desember 2018. Sunatan massal dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Amal Bhakti Kementerian Agama Republik Indonesia Ke 73 Tahun 2019.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Sintang H. Anwar Ahmad menyampaikan bahwa sunatan massal ini merupakan rangkaian peringatan ulang tahun Kementerian Agama Republik Indonesia yang ke 73 Tahun 2019. ”sunatan massal ini bertujuan untuk mengenang jasa para pejuang bangsa yang telah memperjuangkan terbentuknya Kementerian Agama. Selain itu, kami ingin mendekatkan diri kepada masyarakat untuk mempermudah pelayanan. Kami ingin berpartisipasi juga dalam membangun kesehatan di Sintang. Dalam hal sunatan massal ini, kami mengambil dari sisi perintah agama dan untuk membantu meringankan beban masyarakat kita. Kalau dilaksanakan secara mandiri tentu ada biaya yang lumayan namun dengan kegiatan tentu akan membantu masyarakat” terang H. Anwar Ahmad.

“selain sunatan massal ini, kami juga melaksanakan pertandingan bola putri putra untuk SMP dan SMA, Voli putra putri antar karyawan Kemenag, lomba-lomba ibu-ibu anggota DWP Kemenag, permainan rakyat oleh keluarga besar Kemenag, syukuran dan ramah tamah, upacara bendera pada 3 Januari 2019,  pembinaan karyawan,  bakti sosial ke panti asuhan, anjangsana ke para pensiunan Kemenag dan ziarah ke makam tokoh Kemenag Sintang. Untuk sunatan massal hari ini diikuti sebanyak 220 orang dari 7 kecamatan yang terdiri dari Kecamatan Sintang 108 anak, Tempunak 7 anak, Dedai 37 anak, Ketungau Hulu 1 anak, Kelam Permai 20 anak, Sungai Tebelian 8 anak, dan Kecamatan Binjai Hulu 39 anak” terang H. Anwar Ahmad.

“ada juga dua orang anak yang disunat di rumah karena sudah berumur cukup lumayan. Kami memahami karena dia malu sehingga petugas medis yang harus ke rumah. Yang sunat tidak hanya muslim ada juga yang Katolik dan Kristen Protestan. Sunatan massal ini didukung banyak tenaga medis. Dalam melaksanakan kegiatan ini kami gotong royong dan bekerjasama dengan dinas kesehatan. Kalau membiayai 220 orang itu tentu biayanya tinggi tetapi karena kerjasama ini kegiatan bakti sosial bisa dilaksanakan. Bahkan Kepala Dinas Kesehatan mendorong tahun depan bisa lebih banyak anak-anak yang bisa dilayani dengan sunatan massal kalau bisa sampai 1.000 orang . Kami siap mengumpulkan anak-anak dan biaya nanti dipikir kan bersama” terang H . Anwar Ahmad.

Sementara Bupati Sintang dr. H. Jarot Winarno menyampaikan anak- anak yang akan ikut sunatan massal tidak perlu takut karena tidak sakit dan tidak lama. Tim medis kita sudah profesional dan peralatan yang canggih. Bagi umat Islam sunat sebagai tanda dan baik untuk kesehatan. Saya sudah biasa melayani sunat di pedalaman yang merupakan anak-anak kristiani juga. Tahun depan saya siap dukung jika target 1.000 orang” terang Bupati Sintang.

“Kalau bisa 220 anak sampai jam 11 nanti bisa bertambah terus. Silaturahmi ini sangat baik. Kegiatan internal Kemenag juga untuk memperkuat kinerja dan silaturahmi. Kantor Kementerian Agama ini harus menjadi perekat persatuan dan kesatuan. Banyak masalah di masyarakat yang muncul berkaitan dengan keyakinan. Maka kita harus bekerjasama mengatasi persoalan ini. Memperkuat silaturahmi salah satu cara. Saya senang ada banyak kegiatan yang dilakukan Kemenag untuk menebar perdamaian di Indonesia” ungkap Bupati Sintang.

 

 

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

POPULER

no-image
bannersidebar

Video

bannersidebar

Regulasi

Gallery Foto