Salah Satu Bangunan Bersejarah, Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar
27 Jul 2018
Salah Satu Bangunan Bersejarah, Rumah Dinas Bupati Sintang Terbakar

Sintang-Pendopo Rumah Dinas Bupati Sintang yang merupakan salah satu bangunan bersejarah di Kabupaten Sintang ludes dilahap si jago merah, pada  Kamis (26/07/2018) dini hari. Bangunan peninggalan Belanda dengan bahan utama kayu belian tersebut, kini tinggal puing-puing.

Meski diguyur hujan lebat saat kejadian dan ada sejumlah kendaraan Pemdam Kebakaran (damkar) di TKP, bangunan bersejarah ini tidak dapat diselamatkan, pasalnya bangunan ini terbuat dari bahan yang mudah dilalap api. Mulai dari ruang tamu, ruang VIP, ruang kerja dan kamar pribadi Bupati Sintang, ruang tamu belakang, dan kantor PKK Kabupaten Sintang tersisa puing saja.

Ditemui di TKP, Kabag Humas dan Protokol Setda Sintang, Kurniawan mengatakan dirinya mendapatkan kabar pertama kali dari warga yang tinggal di belakang Rumah Dinas Bupati Sintang.

“Sekitar jam 01:00  Wib saya dapat telepon ada percikan api di Pendopo, saya bergegas dan memastikan informasi tersebut benar,” ungkapnya.

Kurniawan mengatakan pihaknya sempat mengamankan sejumlah dokumen penting termasuk pakaian dinas Bupati. “kendaraan dinas, dokumen penting dan barang pribadi di kamar Pak Bupati Sintang berhasil diamankan staf dan anggota Pol PP yang saat itu berada di tempat” terang Kurniawan.

Kurniawan mengatakan kebakaran tersebut diduga terjadi akibat disambar petir. Informasi lebih lanjut masih menunggu penyelidikan dari pihak yang berwenang.

“informasi yang saya dapat, terjadinya kebakaran  dipicu adanya petir yang kuat yang diduga menyebabkan korsleting. Namun untuk mengetahu penyebab yang sebenarnya kita tunggu dari pihak yang berwewenang,” ujarnya.

Pada saat kejadian, Bupati Sintang sedang berada di Jakarta. Dan setelah mendengar kerjadian itu, langsung pulang ke Sintang. Sekitar pukul 10.00 WIB Bupati Sintang Jarot Winarno tiba di lokasi dan melihat kondisi terakhir serta memberikan pernyataan kepada awak media massa yang sudah menunggunya.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto