Serahkan Satu Unit Ambulance Ke Paroki Lebang, Ini Pesan Bupati Sintang
21 Dec 2018
Serahkan Satu Unit Ambulance Ke Paroki Lebang, Ini Pesan Bupati Sintang

Sintang-Bupati Sintang, dr. Jarot Winarno, M.Med.PH bersama Ketua Komisi B DPRD KSintang, Florensius Ronny menyerahkan 1 (satu) unit ambulance kepada Pastor Paroki Ratu Rosari Lebang, Pst. Marsel, SMM di Desa Lanjing Kecamatan Kelam Permai Sintang, Rabu (19/12/2018).

“Pengadaan unit ambulance ini merupakan ujicoba kita untuk mengadakan sarana kesehatan melalui komunitas keagamaan,” kata dr. Jarot. “Ambulance kita ini juga merupakan sumbangan dari pokok pikiran anggota dewan kita, Ronny yang sekaligus juga merupakan putra daerah di sini,” terangnya lagi.

  1. Jarot menyampaikan bahwa proses mekanisme perbantuan alat layanan kesehatan di komunitas dan lokasi tertentu seperti ini masih dalam tahap uji coba. Ia berharap seiring waktu dapat diperoleh mekanisme yang lebih baik dalam mengoptimalkan keberadaan bantuan sarana seperti ambulance.

“Kita sedang melakukan penguatan layanan kesehatan, ” kata dr. Jarot. “selain membangun fisik puskesmas, rumah sakit pratama, kita juga peelu meningkatkan sarana mobilitas kesehatan, sehingga kisah-kisah pilu pelayanan kesehatan yang terlambat tidak lagi terjadi di pelosok-pelosok Sintang ini,” lanjutnya.

“Keberadaan ambulance di Lebang ini menambah armada 1 unit ambulance lain yang milik Puskesmas Kebong, saya harap sarana ini cukup memadai dalam pelayanan kesehatan di Kelam Permai ini,” papar dr. Jarot lagi. “Hal serupa ini kita cobakan juga di beberapa daerah lain, misalnya 1 unit ambulance kita titipkan di Polsek Sungai Tebelian untuk mempermudah evakuasi lalu lintas di jalur sutra menuju Sekadau itu,” tambahnya.

Orang nomor satu di Sintang itu juga mengingatkan bahwa penggunaan ambulance ini diharapkan dapat diberikan kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan suku, agama dan ras.

Florensius Rony pada kesempatan ini menyampaikan bahwa pengadaan ambulance tersebut merupakan upaya menjaga harmonisasi kerja antara rakyat dan wakilnya. Ia juga menghimbau agar penggunaan ambulance tersebut dapat fokus pada upaya-upaya kemanusiaan, dalam pemberian layanan kesehatan.

“Saya harap perwujudan aspirasi masyarakat yang kebetulan saat ini atas kepercayaan bapak-ibu sekalian melalui saya, dapat benar-benar bermanfaat,” kata Rony.

“Untuk operasional ambulance, akan kita bahas bersama dalam forum antar kepala desa,” ungkap Roni. “Akan dicoba untuk menggunakan  mekanisme swadaya masyarakat dengan melakukan pungutan sebesar Rp. 2.000 per bulan per kepala keluarga, pengumpulan akan dikoordinasi oleh pemimpin umat di tiap desa,” terangnya lebin lanjut.

Menurut Bruari Hendrokisworo selaku ketua panitia kegiatan penyerahan bahwa kegiatan ini akan sangat membantu masyarakat, khususnya umat paroki Ratu Rosari Lebang dalam mengakses fasilitias kesehatan yang lebih mumpuni.

“Kegiatan ini juga menjadi kesempatan baik untuk masyarakat di Lanjing dan sekitarnya dapat bertatap muka, bersilahturahmi dengan pimpinan daerah, dalam hal ini Bapak Bupati kita, pak Jarot Winarno,” kata Hendro.

Turut hadir pada acara tersebut, Kadis Kesehatan, Harsyinto Linoh dan kepala Puskesmas Kebong, Makarina berserta jajarannya. Tampak pula Camat Kelam Permai, Maryadi beserta komandan Koramil setempat. Selain itu, ada pula sejumlah tokoh masyrakat, tokoh agama dan tokoh ada di daerah Kecamatan Kelam Permai Sintang.

RELATED POST

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pekan Raya Borneo

Video

Baliho Pekan Gawai Dayak

Regulasi

Gallery Foto